Beranda > Agama, Artikel, Kristologi, Opini, Perbandingan agama > Yang mana wajah Yesus pilihan anda ?

Yang mana wajah Yesus pilihan anda ?

Dalam tulisan saya Antara DaVinci Code dan Ayat2x Setan, saat saya membahas tentang gambar wajah Yesus, saya telah menyampaikan bahwa umat Kristen sebenarnya telah menggambar wajah Yesus  secara (dalam pandangan saya) melecehkan. Penggambaran wajah Yesus yg  seperti itu ternyata tidak terlalu membuat risau umat Kristen meskipun gambaran yg ditampilkan jauh dari bayangan dan pemahaman yg benar tentang seorang Yesus. Parahnya, hal ini justru dilakukan oleh pihak2x otoritas gereja sendiri. Dan bagi saya, ini tentu saja tidak benar, karena sebagai yg mengaku umatnya Yesus, seharusnya umat Kristen memberikan penghargaan yg pantas pada seorang Yesus.

Pernah saat saya sedang melakukan diskusi dengan seorang teman yang beragama Kristen, ia dengan santai dan penuh senyum telah membenarkan sebuah informasi yg menurut dia mungkin hanya sebuah hal yg ringan, yaitu tentang adanya gambar2x wajah Yesus (dan ibundanya, Maria) yg digambar dengan profil wajah dan warna kulit yg berbeda di dalam gereja pada berbagai tempat yg berbeda di seluruh dunia.

Gambar2x Yesus (dan ibundanya) ini digambarkan dg jauh berbeda dari bayangan umum sebagai seorang yahudi di Timur Tengah, tetapi sangat disesuaikan dengan ras dari penduduk setempat. Misalnya Yesus berwajah Indian, Yesus berwajah Cina, Yesus berwajah bule Eropa, Yesus berwajah Arab, dll. Bahkan juga Yesus berwajah Afrika (kulit hitam)!

Sungguh aneh, mengapa kalangan gereja sendiri yg mestinya lebih paham bahwa Yesus adalah seorang keturunan bani Israil di Timur Tengah, telah mengajarkan pada penduduk setempat bahwa Yesus adalah seorang yg berpenampilan sama seperti pada umumnya masyarakat di daerah tersebut.

Sebenarnya mudah ditebak motivasi mereka dalam melakukan hal ini, yaitu dakwah. Ya, untuk memudahkan proyek kristenisasi mereka di daerah2x terpencil di berbagai pelosok dunia pada masyarakat setempat yg umumnya belum mempunyai pengetahuan yg luas, mereka telah menghalalkan berbagai cara, termasuk dengan membuat gambar Yesus yg satu ras dg penduduk setempat untuk memudahkan penerimaan terhadap ajaran Kristen yg mereka sebarkan itu.

Jadi bayangkan saja kalau misalnya anda sebagai seorang ulama Islam kemudian berdakwah di sebuah desa terpencil di daerah Jawa Tengah, lalu anda menyampaikan bahwa nabi Muhammad adalah seorang keturunan Jawa, dan menunjukkan gambar beliau sebagai seorang yg bertampang Jawa dan mengenakan baju jawa, kain batik, dan blangkon! Tidak, dalam dakwah Islam tidak akan pernah terjadi hal seperti itu.

Bagi saya sangat menyedihkan cara2x melakukan dakwah agama seperti ini, yg semestinya dilakukan dg sebaik-baiknya bila tujuannya adalah memang untuk menyebarkan kebenaran dan kebaikan. Tapi malah dilakukan dg menyebarkan kebohongan untuk mengejar terpenuhinya target sekian “kepala” yg harus berhasil dikristenkan dalam setiap misi.

Lalu apakah nantinya tidak akan ada umat penduduk setempat itu yg membuka dan membaca Alkitab? Yg mana dia akan tahu bahwa Yesus itu bukan orang dari ras setempat, tapi orang Yahudi? Apakah mereka memang akan dilarang membuka Alkitab? Atau karena mereka mungkin buta huruf lalu tidak akan diberikan informasi yg benar? Atau memang isi Alkitabnya juga akan disesuaikan menjadi kisah setempat? Bagaimana kalau akhirnya mereka tahu bahwa para pemuka gerejanya telah membohongi mereka? Dengan moral seperti itu apakah orang bisa percaya kalau agama yg mereka sebarkan itu adalah agama yg benar dan indah?

Sungguh sulit dipercaya ada agama yg menggunakan cara2x seperti ini dalam dakwahnya. Apakah mereka tidak menghargai Yesus yg mereka puja sebagai nabi, bahkan sebagai Tuhan itu? Sedangkan bagi umat Islam, yg menghormati dan menyayangi Yesus sebagai seorang nabi (nabi Isa), seorang utusan Tuhan yg mulia, perlakuan seperti itu sudah bisa menjurus pada sebuah pelecehan.

Anda dapat lihat sendiri pada gambar2x berikut ini berbagai wajah Yesus yg multi ras itu. Sedangkan pemahaman secara umum terhadap seorang yahudi asli adalah berkulit putih, berambut hitam, bermata hitam, berhidung mancung agak bengkok.

yesus-maria-bule

Yesus dan Maria “bule” dari Eropa dan Amerika


yesus_maria_indian

Yesus dan Maria “Indian Apache”


yesus_maria_arab

Yesus dan Maria “Arab”


yesus-bule_maria-hitam

Yesus dan Maria dari mana lagi ini yach ? Sepertinya ibunya hitam, anaknya bule.


yesus_bule

Yesus “bule” dari Eropa dan Amerika


yesus_india

Yesus “India”


yesus_cina

yesus_cina2

Yesus “Cina”


yesus_indian

yesus_mexico

Yesus “Indian dan Mexico”


yesus_afrika

Yesus “hitam” dari Afrika !


Adapun berikutnya ada juga gambar Yesus dari penemuan2x berusia ratusan tahun di berbagai situs2x lama, yg lebih menggambarkan Yesus dg ciri2x yg lebih mendekati tipikal orang yahudi.


jesus_rom

jesus_comb

jesus_6thcent

Jadi, bila anda kebetulan adalah seorang umat Kristen, mungkin anda akan memilih salah satu gambar Yesus yg cocok dengan selera anda. Atau mungkin anda ingin menambahkan lagi gambar Yesus yg lain lagi? Itu terserah anda saja, karena anda sendirilah yg akan mempertanggung jawabkannya nanti. Hal ini mungkin adalah juga sebuah hikmah dari ajaran umat Islam yg tidak mengijinkan penggambaran rupa yg bagaimanapun dari nabi Muhammad, yg mungkin salah satu tujuannya adalah agar tidak terperosok seperti sebagian umat Kristen dalam menggambarkan Yesus.

Jadi.. yang mana wajah Yesus pilihan anda..?🙂

-rkh-

  1. April 24, 2011 pukul 9:03 PM

    Ntar ane gambar dulu..hihihihi

  2. Imanuel
    April 28, 2011 pukul 7:35 AM

    kalau membicarakan tentang gambar itu berhubungan dengan seni , dan seni adalah bagian dari Ilmu pengetahuan sedangkan agama adalan keyakinan sama dengan iman jadi antara ilmu pengetahuan dan keyakinan dalam seseorang memeluk agama dari dulu tidak pernah bisa sejalan , karena kalau kita bicara masalah Ilmu berhubungan dengan LOGIKA sedangakan agama bicara mengenai keyakinan dan Imam , kalau saya secara pribadi sangat menyakini bahwa Imam yg akan menyelamatkan saya di kehidupan yg akan datang bukan gambar dan saya tidak perduli gambar yesus seperti orang bule , orang afrika , orang jawa dan lain sebagainya , tidak dipungkiri bahwa Ilmu pengetahuan juga bagian dari agama tetapi jika berhubungan dengan kekuasaan TUHAN yg begitu ajaib dan besar rasanya mustahil semua terjadi karena Imam dan tiada yang mustahil bagia DIA (TUHAN YESUS ) AMIN. (GBU )

    • rkh
      April 29, 2011 pukul 2:30 PM

      Halo mas iman.. 🙂

      Agama dan ilmu pengetahuan juga bisa sejalan (malah harus), kalau kita mau menggunakan logika dg benar. Dan agama malah menyuruh kita menggunakan logika. Ingat Markus 12:30 –>

      “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.

      Soal gambar Yesus, kalau anda tidak peduli dg gambar Yesus yg beraneka ragam itu, berarti anda :
      1. Tidak peduli bahwa Yesus hanya ada satu
      2. Tidak peduli bahwa Yesus adalah orang Yahudi
      3. Tidak peduli dg Alkitab anda yg mengatakan bahwa Yesus adalah orang Yahudi
      4. Tidak peduli dg agama anda yg anda akui di bawa oleh Yesus yg orang Yahudi
      5. Tidak peduli dg ketidakjujuran dan kebohongan

      Dan itu berarti bahwa anda bukan pengikut Yesus yg ada di Alkitab anda. Entah Yesus mana yg anda percayai dan ikuti, mungkin yg “negro” dari Afrika yach.. 🙂

      Tapi tidak usah kuatir, itu hak anda kok. Hanya saja, kalau anda tidak peduli dg Yesus, jangan terlalu berharap kalau beliau akan peduli dg anda… 🙂

      Dan tentu saja ada yg mustahil bagi Tuhan, apalagi bagi Yesus yg hanya seorang utusan-Nya. Misalnya :
      1.Tuhan mustahil mati, karena Tuhan itu kekal
      2.Tuhan mustahil berdoa, karena berdoa itu pada Tuhan, dan Tuhan tidak perlu berdoa pada diri sendiri
      3.Tuhan mustahil dilahirkan, karena Dia tidak berawal
      4.Dll.
      O iya, apakah Yesus dilahirkan, mati, dan berdoa? Tentu saja. Lalu, berarti beliau bukan Tuhan dong? Seharusnya anda sudah tahu jawabannya. 🙂

      Yesus juga mustahil tahu segalanya, seperti beliau juga tidak tahu kapan terjadinya hari akhir. Ingat Markus 13:32 –>

      “Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja.”

      Terima kasih. 🙂

  3. Redison Abbay
    April 30, 2011 pukul 12:29 PM

    saya sangat peduli dan perhatin, saya hanya berdoa untuk orang yang telah menggambarkan gambar2 tuhan yesus dengan bermacam-macam rupa itu dapat diampuni dan dimaafkan oleh Tuhan. Karena mereka tidak tau dengan apa yang mereka pebuat:
    1.Tuhan yesus itu mati, karena Tuhan yesus itu kekal
    2.Tuhan yesus berdoa, kepada Bapa di sorga(Allah),karena Dia Putra Roh Kudus
    3.Tuhan yesus dilahirkan, karena Dia berawal
    4.Dll.
    saya yakini itu semua, karena Dia telah bakit dari kematian. Naik kesorga dan duduk sebelah kanan Allah Bapa Yang Maha Kuasa dan akan datang dari sana untuk meghakimi orang yang hidup dan yang mati pada akhir zaman kelak. Saya yakini bahwa yesus itu Tuhan. Bagi yang tidak menyakini saya hanya berdoa moga mereka akan cepat mengerti dan memahami kehidupan yang kekal seperti yang telah dikatakan Yesus:
    “Matius,18:3-5″(Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam keajaan sorga. sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang akan terbesar dalam kerajaan sorga. dan barangsiapa menyambut sesorang anak seprti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku).

    • rkh
      Mei 1, 2011 pukul 12:57 PM

      Halo mas Redison Abbay..

      Anda peduli.. itu sudah lebih baik.. Tapi asal anda tahu saja bahwa orang2x dalam gereja anda secara telah ada (banyak) yg menghalalkan berbagai cara dalam dakwahnya.

      Yesus mati karena Yesus itu kekal..? Bagaimana anda menjelaskan pendapat yg kontradiktif ini..? Sebab kekal itu artinya tidak akan mati. Dan sesuatu yg pernah mati meskipun hidup lagi, itu berarti dia tidak kekal 🙂

      Yesus berdoa pada Bapa karena beliau putra roh kudus? Berarti bukan putra Bapa? Dan berarti dia tidak punya kuasa sendiri kan? Itu berarti dia bukan Tuhan. Karena Tuhan puya kuasa, dan bagi yg punya kuasa tidak perlu berdoa kan? Dan berarti Trinitas itu tidak ada kan? Karena menurut Trinitas, Yesus adalah juga Bapa karena mereka bersama roh kudus adalah satu kan? Dan bagaimana anda menjelaskan semua itu?

      Bagaimana anda akan meyakinkan orang lain bahwa Yesus adalah Tuhan kalau beliau juga masih berdoa pada Tuhan? Apakah Yesus berdoa pada dirinya sendiri? Lalu untuk apa Tuhan berdoa pada Tuhan? Apakah Tuhan perlu untuk berdoa pada diri sendiri?

      Yesus duduk di sebelah kanan Bapa. Berarti Yesus memang pribadi yg berbeda dg Bapa kan? Karena sesuatu yg duduk berdampingan pasti ada dua pribadi di sana kan? Berarti Trinitas memang tidak ada kan? Dan kalau Yesus berbeda dg Bapa tapi juga adalah Tuhan, berarti sudah ada 2 Tuhan kan (belum lagi dg roh kudus)? Berarti anda tidak menyembah satu Tuhan kan? Itu berarti anda penganut polytheisme atau percaya pada banyak Tuhan.. 🙂

      Yesus dilahirkan karena beliau berawal. Benar! Sesuatu yg berawal itu artinya diciptakan. Dan itu artinya beliau ada karena diciptakan kan? Dan yg diciptakan itu bukan Tuhan kan? Karena Tuhan itu pencipta, bukan ciptaan.. Dan sesuatu yg ada awalnya tentu juga ada akhirnya kan? Dan itu berarti tidak kekal. Apakah sesuatu yg tidak kekal itu bisa disebut Tuhan? Coba anda pikirkan lagi. Kalau anda mau menggunakan pikiran jernih, jawabannya akan sangat mudah, berbeda kalau anda hanya berpikir secara doktrinal..

      Menjadi seperti anak kecil itu karena seorang anak kecil itu tidak berdosa. Manusia lahir ke dunia ini memang dalam keadaan suci bersih tanpa dosa, itu adalah ajaran Islam. Dan Yesus juga mengatakan hal yg sama. Lantas kenapa orang Kristen mengatakan kalau anak yg baru lahir itu sudah berdosa karena membawa dosa nenek moyangnya yaitu Eva (Hawa)?

      Mas Redison.. PR anda masih sangat banyak kalau anda mau berpikir lagi.. semoga Tuhan memberikan anda petunjuk.. 🙂

      Terima kasih.

  4. Juni 11, 2011 pukul 10:11 AM

    tak usah mendebatkan soal gambar dan rupa yesus…..yang penting IMANlah yang menyelamatkan kita yang percaya kepadaNYA …………. “barang siapa berasal dari kebenaran. pastilah iya mendengar suaraKU”,,,,,jadi…. agama itu bukan paksaan … apalagi kalau mau masuk katholik……pasti ditanya “apakah kamu mengasihi yesus dan mau mengasihi sesemamu manusia tanpa pandang bulu???” jika “ya”,,,masih ada tahap2 untuk dibabtis dan yang lainnya…. alkitab agama apapun itu harus di cari bagaimana asal usulnya. jangan mau cuma hanya menerima tanpa tau asalnya…seperti yesus….kelahirannya sampai kebangkitannya sudah di tulis di kitab2 nabi terdahulu…..jadi..sudahkah anda percaya dan beriman kpadaNYA?

  5. Juni 29, 2011 pukul 11:19 PM

    wajah jesus

  6. Agustus 2, 2011 pukul 3:02 PM

    kalau kita melihat dari sisi kitab…sebenarnya Islam & Nasrani memiliki bnyak persamaan ajaran. Jadi mari kita melihat dari sisi Persamaan, krna jika dilihat dari sisi Perbedaan …maka sekian menit akan menghasilkan ribuan perbedaan..

    • Jont
      Februari 8, 2012 pukul 6:17 AM

      Mencari persamaan bukan berarti membuang semua perbedaan.

      Mengapa kami umat islam yg dipaksa mencari persamaan dan membuang perbedaan walau satu detik?

      Lihatlah, orientalis sibuk mencari kelemahan Islam,
      para penginjil mengekor omongan mereka,
      bahkan memanipulasi arti al Quran bahwa islam membenarkan kristen.

      Sebenarnya kalau org keristen sendiri sibuk meneliti agama mereka yang banyak kerancuan, cendekiawan islam tdk terlalu risau.

      Justru dg kristen mengorek islam akan nampak kecacatan keristen sendiri,
      terlebih sikap para penginjil yg mementingkan kuantitas membuat menghalalkan segala cara.

  7. Kawulo
    Agustus 29, 2011 pukul 2:07 PM

    semua nabi pasti akan mengabarkan kedatangan nabi berikutnya. tidak perlu cara2 atau upacara khusus untuk memilih nabi krn dia akan dgn sendirinya menjadi nabi.

  8. Jont
    Februari 8, 2012 pukul 5:58 AM

    Ada lg mas bro aku pernah dpt dari situs org keristen sendiri, kalau gambarnya itu mirip dg zeus.

    Mungkin mereka SSY, kalangan kristen sendiri pd mulai kritis, akankah kita diam saja iman kita dirongrong para penginjil?

  9. obay
    Februari 13, 2012 pukul 10:45 AM

    tuhan ya bisa dilihat dan digambar,,,,banyak amatya tuhanya…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: